Hikmah Berpuasa bagi Kesehatan

03.27

Hikmah Berpuasa bagi Kesehatan
bersama ustadz dr. Probosuseno, Sp.PD-Kger(k) 
Ahad, 21 Juni 2015 di Masjid Mujahidin UNY
note by muslikah KMH'15

    
      Setiap manusia pasti mengiginkan kebahagiaan, kebahagiaa seperti apa? solih, sehat, kaya,cerdas, sejahtera, sukses, karir, harta, menarik, pasangan idaman, keluarga bahagia dll. menurut dokter probo minimal terdapat 4  penghalang yang dapat menghalangi kebahagian yaitu sakit-miskin-bodoh-terggoda. Sebagai manusia yg diberi akal maka kita wajib berusaha, karena ALLAH tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubah dirinya sendiri. usaha yang dapat dilakukan:
a.     berusaha sehat dengan sering olahraga
b.     ingin kaya maka bekerja dan berdoa
c.     ingin pintar maka belajarlah
d.     Yang paling penting yaitu orang harus mempunyai REM untuk mengendalikan diri agar tidak mudah tergoda, maka tingkatkan iman dan bertemanlah degan orang yang baik-baik. "seorang filosof mengatakan tunjukkan siapa temanmu maka aku akan tahu siapa dirimu" artinya bahwa seorang teman sangat mempengaruhi akhlak kita maka pilihlah teman-teman yang baik yaitu teman yang dapat meningkatkan minimal 5 hal:
  1. Meningkatkan agama kita, aqidah kita, iman kita. yaitu seorang teman yang ketika kita bersamanya kita menjadi rajin mengaji, rajin solat, rajin sedekah dll.
  2. Meningkatkan akhlak kita contoh yang biasanya tidak hormat kepada org tua, sering berbohong, makan dengan berdiri, makan degan tangan kanan, dengan mengecap dll. Setelah  bertemu denganya kita menjadi sopan, santun, tumaninah jadi mengetahui adab-adab makan dll.
  3. Meningkatkan Ilmu contoh kita tidak tahu tentang Ilmu desain semenjak kenalnya kita jadi tahu, jadi bisa dan ahli sehingga bisa cetak kalender, undangan, pin, pamflet,  dll subahanallah^^
  4. Meningkatkan ketentraman hidup yaitu teman yang menasehati, memotivasi dengan baik ketika  ketika sedang mengeluh, tidak semangat dan sedih. 
  5. Meningkatkan ekonomi. ini seperti point no 3. Ketika kita sudah di ajarkan ilmu desain sama teman kita, kita bisa buat berbagai produk untuk di jual, alhasil kita jadi punya penghasilan. Subahallah^^
Ibadah ramadhan  yaitu
a. Menahan untuk tidak berhubungan intim di siang hari
b. Menjaga perkataan
c. Menjaga pandangan
d. Menjaga gerak badan (tidak berkelahi dll)
e. Menjaga pikiran untuk slalu mengingat ALLAH SWT. 
Puasa yang Benar
a. Dianjurkan sahur karena sahur membedakan puasa orang Islam dengan agama lain
b. Sholat yang khusyuk, sedekah, infaq 
c. AL-QUR'AN di kaji secara efektif dan efisien.
Pengaruh Puasa dalam Kesehatan:
P: Perbaiki tekanan darah, berat badan dan pikiran makin bagus
U: Ujud kelainan kulit cepat membaik karena orang yang berpuasa kulitnya mudah mengelupas.
A: Alat-alat dalam atau organ tubuh manusia makin bagus terutama ginjal
S: Sperma makin bagus dan cepat memproduksi sperma lagi ini berguna untuk yg sudah menikah. jadi kenapa orang-orang ahli agama seperti ustadz, takmir dll. punya banyak anak karena mereka sering berpuasa:)
A: Awet muda karena puasa menghilangkan radikal bebas.

"jangan lupa zikir, solawat, banyak baca AL-QUR'AN dan terus berdoa karena doa orang yang berpuasa diijabah sama ALLAH SWT".
Kurang lebih ini yang dapat saya rangkum dari kajian tersebut semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kesalahan.

You Might Also Like

0 komentar

Tinggalkan pesan sahabat dengan menggunakan kata dan kalimat yang baik.